Digital Video Cassette Recorder Sony DVW-M2000P

Tulisan ini merupakan tinjauan umum tentang digital video cassette recorder sony DVW-M2000P yang dimiliki oleh kantor tempat saya bekerja di PT. Adi Karya Visi. Apabila ada komentar ataupun pertanyaan tentang isi tulisan dan/atau yang berhubungan dengan VTR ini silakan isi di kolom komentar.

VTR DVW-M2000P

DVW-M2000P adalah perekam videocasette digital berdasarkan format Digital Betacam. Unit ini menggunakan sirkuit terpadu skala besar untuk pemrosesan sinyal, dan memiliki konstruksi internal yang sederhana, yang memungkinkan untuk memberikan fungsional sekurang-kurangnya setara dengan VTR konvensional yang compact (ukuran 4U), ringan, desain konsumsi daya rendah. Tidak hanya menawarkan perekaman dan pemutaran format digital betacam, tetapi juga dapat memutar kaset yang direkam dalam format Betacam SX, Betacam analog, atau MPEG IMX tetapi tidak mendukung untuk perekaman  ketiga format(Betacam SX, analog Betacam, MPEG IMX) tersebut.

digital betacam

Digital Betacam Format

Format betacam digital adalah suatu karakteristik bahwa video dan empat channel sinyal audio dari masing-masing bidang yang direkam ke tape dengan enam helical trek, pada kecepatan pita sedikit lambat dan kecepatan rotasi drum lebih cepat dibanding format betacam analog: Betacam dan Betacam SP. Untuk longitudinal trek, format digital betacam memiliki CTL trek, time code (LTC) trek dan cue audio trek, mirip dengan format betacam analog. VTR digital betacam memiliki diameter drum yang lebih besar dibandingkan dengan betacam analog untuk memastikan perekaman digital yang  optimal, tetapi mereka built-in dengan time base corrector untuk memutar kaset betacam analog (kompatibel untuk pemutaran betacam analog)

Heads Kinerja Tinggi dan Kompatibilitas Fungsi Pemutaran

Pengembangan terbaru heads kinerja tinggi dan teknologi Dynamic Tracking (DT) menyediakan perekaman densitas tinggi dan pemutaran di trek sempit dengan tingkat keandalan tinggi. Selain heads digital betacam merekam dan memutar , unit ini juga dilengkapi dengan head playback format betacam  SX, head playback MPEG IMX, dan heads analog betacam DT, untuk menyediakan kompatibilitas fungsi pemutaran, dan memungkinkan berbagai sumber daya yang direkam untuk digunakan secara  efektif.

Pemrosesan Sinyal Digital Presisi Tinggi dan Berbagai Antarmuka

VTR ini mendukung berbagai macam input dan output sinyal, semua pemrosesan internal VTR dalam digital, memberikan stabilitas dan kehandalan yang tinggi. Audio Sinyal, dan sejenisnya, berdasarkan format AES/EBU, pemrosesan sinyal digital dan tetap Tak terkompresi. berikut adalah interface untuk peralatan standar , untuk kemudahan koneksi ke berbagai perangkat eksternal

  • Analog composite signal input/output
  • Analog component signal input/output
  • Analog audio signal input/output (4 chanells)
  • SDI (Serial Digital Interface) SMPTE 259M input (component digital video/audio(4 channels))
  • SDI SMPTE 259 output (component digital video/audio (8 channels))
  • AES/EBU serial digital audio input (4 channels)
  • AES/EBU serial digital audio output (8 channnels)
  • Timecode input/output
  • Cue Audio signal input/output

4 Channel Audio Kualitas Tinggi

Mendukung audio digital 20 bit/48 kHz kualitas tinggi. Terdapat 4 channel audio input/output digital dan 4 channels audio input/output analog.

Tombol Operasi Basic dan Jog/Shuttle Dial

Tombol basic dan dial jog/shuttle untuk VTR dan operasi penyuntingan disediakan sesuai layout VTR konvensional, untuk memastikan kontinitas dengan panel operasi konvensional

Time Data Display

Dapat dipilih untuk menampilkan nilai counter CTL, nilai Time code, atau User Bit Time Code. Juga dapat menampilkan edit points dan edit durasi.

Menu-based Control Interface

Time data/menu display tidak hanya menunjukkan berbagai nilai atau setting, juga halaman system menu untuk fungsi yang umum digunakan. Kamu dapat menggunakan tombol function keys dan multi control untuk mempermudah perubahan setting. Setting operasi lainnya, termasuk antarmuka dengan peralatan luar, dapat di-set dari kontrol panel  dengan tipe yang sama dari setup menu sistem VTR konvensional.

HighQuality Variabel Speed Playback dan Digital Jog Sound Function

Dalam pemutaran format digital Betacam or MPEG IMX, DT Heads berputar halus, berputar tenang dari -1 ke +3 kali kecepatan normal.

Berbagai Fungsi Editing

Dengan mengkombinasikan 2 unit, kamu dapat membuat assemble editing dan insert editing secara otomatis. Semua fungsi editing disediakan seperti men-set dan merubah edit points, untuk preview dan review hasil editing dan sebagainya.

Preread Editing

Mengijinkan untuk memutar pre-recorded materi video dan audio, edit dengan menerapkan effect dengan peralatan eksternal, dan rerecord secara real time pada kaset yang sama.

Cross-fade Editing

Di penyuntingan audio, untuk menghindari efek tidak natural pada edit point, kamu dapat melakukan fade trek audio. Kamu dapat memilih fade-in, fade out, atau cut-in

Fungsi Tele-File

Tele-File memungkinkan penulisan/pembacaan data antara kaset dengan label memory dan VTR. Ini meningkatkan efisiensi operasi seperti merekam, memutar dan menyunting, dan manajemen data sumber.

Fungsi Remote Control

Unit ini dapat dikontrol dari remote kontrol eksternal atau editor melalui interface RS-422 (serial 9-pin). Sejak 2 remote control disediakan, kamu juga dapat menngontrol nomor VTR bersamaan. Tambahannya, antarmuka paralel (50 pin) juga standar, mendukung control eksternal secara mudah melalui antarmuka paralel.

Rack Mounting

menggunakan opsional RMM131, Adaptor rack mount, kamu dapat memasang unit dengan rak standar EIA 19-inch.

Di Bawah ini adalah contoh diagram konseptual untuk VTR DVW M2000P

simple setup betacam digital

Source : Operation Manual, Sony Digital Video Cassette Recorder DVW-M2000P 1st Edition (revised 5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: