Multimedia

Definisi Multimedia

Istilah multimedia pastinya sudah sering kita dengar. Tapi apakah sebenarnya arti dari multimedia itu sendiri? Tidak jarang yang mengartikan multimedia itu dari asal katanya, yaitu multi yang artinya banyak dan media, berarti media yang banyak. Tapi, kadang masing-masing mempunyai persepsi yang berbeda tentang multimedia. Dalam sebuah situs Scala, dijelaskan bahwa istilah multimedia menguraikan tentang sejumlah teknologi berbeda yang mengijinkan visual dan media audio dikombinasikan untuk kepentingan komunikasi. Aplikasinya meliputi entertaiment, education dan advertising. Multimedia sering mengacu pada teknologi komputer. Yang hampir tiap-tiap Personal Computer mampu menjalankan program-program aplikasi multimedia seperti kelengkapan CD-ROM atau DVD ROM, Sound Card dan Video Card yang tersedia dalam motherboard. Tetapi istilah multimedia tidak hanya sebatas itu saja, terdapat sejumlah peralatan yang merupakan aplikasi multimedia seperti Digital Video Recorder (DVRs), Interactive Television, MP3 Players, Advanced Wireless Devices dan Public Video Displays.

Sejarah Multimedia


multimediaIstilah multimedia telah digunakan sejak tahun 1970-an untuk menjelaskan tentang potongan tertentu/cuplikan film dan slide yang sekarang kemudian disebut multimedia. Dari pertengahan tahun 1980 an hingga akhir tahun 1990 an, arti multimedia yang lazim disebutkan bagi kategori “authoring/pencipta” perangkat lunak/software yang mengijinkan mereka mengembangkan program komputer interaktif. Contoh seperti Apple’s HyperCard, Icon AuthorWare, Asymetrix ToolBox dan Scala Multimedia. Kategori software ini masih tetap eksis dan beberapa mengembangkan diri menuju multimedia, tetapi dalam perkembangannya kemudian menjadi lebih general kepada hampir tiap perangkat keras/hardware maupun perangkat lunak/software yang dapat memajang image atau memainkan sound.
Pengertian multimedia telah berkembang, Di tahun terakhir, istilah multimedia telah meningkat seiring dengan peningkatan audience. Sebagian dari kita sedang mengalami atau mencoba suatu format baru multimedia “narrowcast” melalui digital cable. Istilah “multimedia networking” digunakan untuk menjelaskan tentang multi-million dollar content management system yang digunakan bagi korporasi besar untuk melayani video assets mereka. Selain itu kemampuan mobile phones yang dapat mengambil gambar dan suara serta mengirimkannya ke perangkat lain. Istilah multimedia akan berlanjut untuk meningkat dan menerima sebanyak mungkin artian baru dalam teknologi dan aplikasi yang akan digunakan.

Bersambung

Comments are closed.

%d bloggers like this: