IBOC, Solusi Digital Bagi Suatu Radio Modern

Broadcaster di Indonesia khususnya yang menggeluti bisnis radio AM dan FM saat ini nampaknya sudah mulai melihat perlunya meningkatkan fasilitas radio berbasis teknologi digital. Hal itu berkaitan dengan diperolehnya suatu nilai tambah apabila digunakan teknologi digital tersebut. Betapa tidak, hanya dengan menambah investasi beberapa puluh ribu dollar saja, sudah bisa menyandang predikat  ”Radio Digital Modern” dengan konsekuensi memperoleh tambahan pundi-pundi income dan dapat semakin meningkatkan kesetiaan pendengarnya. Teknologi in-band on-channel (IBOC) memang memungkinkan suatu radio analog untuk secara smooth dan ”murah” bermigrasi ke digital tanpa harus membongkar tambah sebagian besar perangkat yang sudah diinvestasikannya. Hal ini membuktikan apa yang pernah ditulis Einstein : ”Everything should be made as simple as possible, but not simpler” seakan menjadi kenyataan, radio ternyata dapat menjadi perangkat yang lebih powerful dari sekedar penerima suara biasa. Dan seperti apapun bentuk informasi baik suara, gambar dan data menjadi lebih mudah untuk dipancar kirimkan secara cepat dan akurat dari satu tempat ke tempat lainnya

Beberapa fasilitas yang ditawarkan

IBOC1

Adanya fasilitas Main Program Services (MPS), memungkinkan IBOC melakukan pengiriman signal analog audio, data services dan digital audio berkualitas tinggi kepada penerima radio secara simultan, baik fixed, mobile atau portable melalui band frequency yang sudah dimilikinya. Fasilitas ini tidak membatasi consumer / pendengarnya untuk hanya menerima layanan audio saja, namun juga dapat mengakses segala macam data dari content provider nya. Kelebihan MPS data ini antara lain dapat mendeskripsikan audio segment, dapat memberikan audio catalog yang direkam, dapat memberikan informasi-informasi seperti daftar nomor telepon, daftar web site yang diinginkan, daftar lagu, daftar album, informasi komersial, dsb.

Fasilitas Station Information Services (SIS), memungkinkannya untuk menambahkan layanan informasi seperti station ID (misalnya call sign, station alias/description, unique station ID), identitas untuk setiap layanan  service nya, informasi waktu dan built into IBOC yang sangat penting untuk fasilitas scanning dan time synchronisation di masa mendatang.

Disamping itu masih ada fasilitas Advanced Application Service (AAS) yang menawarkan fungsi new services yang tidak terbatas, antara lain On Demand Interactive Audio (ODIA), Reading Services, Traffic Updates, News, Weather, Games, Events dan banyak lagi fasilitas custom services dan advanced services yang bisa ditambahkan.

Implementasi

iboc2

Semua fasilitas tersebut saat ini sudah dapat diimplementasikan dan diintegrasikan dengan perangkat sistem stasiun radio yang sudah ada seperti automation system dan studio to transmitter link (STL) dari beberapa merek seperti Broadcast Electronic (BE), Harris, Nautel, Moseley, dsb.

Ujicoba siaran telah dilakukan sejak tahun 2001, yaitu untuk 6 stasiun pemancar FM dan 4 stasiun pemancar AM khususnya di beberapa kota di Amerika seperti Washington DC, Annapolis MD, Baltimore, New York, Las Vegas, San Francisco, Detroit, Cincinnati, dsb dengan hasil memuaskan dan saat ini sudah mulai digunakan secara komersial khususnya di USA.

Keuntungan

Teknologi IBOC ini memberikan keuntungan tidak hanya bagi broadcaster namun juga bagi Content/Service provider dan advertiser disamping juga bagi pendengar/consumer.

Keuntungan bagi broadcaster yaitu meningkatkan kesetiaan pendengarnya, meningkatkan nilai tambah layanannya, maupun keuntungan pemanfaatan digital spectrum yang lebih tinggi kualitasnya dibanding analog, sehingga mampu dilakukan re-broadcast tanpa mengalami distorsi. Juga dapat memberikan tambahan variasi program-program populer dan up to date yang muaranya tentu meningkatkan revenue bisnisnya.

Keuntungan bagi Content/Service provider dan advertiser yang akan memperoleh alternatif format content dan advertising yang lebih inovatif, variatif, flexible, informatif dan dapat meningkatkan koneksi kepada pendengar.

Disamping itu keuntungan bagi pendengar/consumer karena memperoleh tambahan akan pilihan dan pengaturan secara mandiri (individual consumer interests and tastes) yang memungkinkan HD radio benar-benar menjadi sebuah ”radio pribadi” dengan segala fasilitas infotainment di dalamnya.

Dalam jangka panjang teknologi ini akan memberikan peluang bisnis lain seperti interactive advertising, premium services, pay per listen, M (mobile) -commerce, Broadcast updates to in-vehicle systems (misalnya peta navigasi), Broadcast websites, Targeted advertising, monitoring, Authentication, Streaming Broadcast, dsb

By : Satriyo Dharmanto

Referensi :

1. Michael West, Digital Radio Data Services and Protocol Development, iBiquity Digital, 2003

2. Thom Linden, An Advanced Application Services Framework for Application and Service Developers using HD Radio TM Technology, iBiquity Digital Corporation, 2003

3. http://www.fcc.gov/mb/audio/digital/index.html

4. http://en.wikipedia.org/wiki/In-band_on-channel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: