Framesync FS1 dari AJA

Frame syncronization atau biasa disingkat framesync sering ditemui sebagai bagian dari peralatan broadcast. Sesuai dengan namanya, frame sync adalah suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan sinkronisasi frame. Alat tersebut biasa digunakan apabila ada suatu peralatan yang tidak mempunyai input reference dan outputnya akan dimasukkan ke dalam sistem yang sudah mempunyai reference sendiri. Contohnya, apabila kita mau memasukkan keluaran dari komputer ke dalam sistem. Sebelum dimasukkan ke dalam sistem, maka output dari komputer tersebut dimasukkan dulu ke dalam input framesync (tergantung output dari komputernya, bisa composite, component ataupun SDI), setelah itu output framesync yang sudah diberi input reference dimasukkan ke dalam sistem. Apabila tidak dilewatkan dahulu ke dalam framesync, maka yang terjadi adalah apabila input tersebut di”take”, maka videonya tidak sync, seperti gambarnya “rolling” atau ada garis diantara gambar (gambarnya terbelah secara horizontal). Hal tersebut terakhir saya lihat di salah satu stasiun tv swasta nasional , tanggal 5 April 2009 pada acara breaking news liputan tentang pemilu yang presenternya seorang wanita (saya gak tahu persis nama acaranya). Dimana programnya kedip-kedip (gak normal). Hal tersebut mungkin karena syncnya terputus. Kejadian tersebut saya yakin terjadi di studionya, karena begitu masuk iklan, gambarnya kembali normal (setahu saya, untuk iklan naiknya dari MCR).

Selama ini, untuk peralatan framesync, saya biasa menggunakan produk Leitch (Harris), selain untuk mensinkronisasikan frame, alat tersebut juga bisa digunakan sebagai audio/video converter, selain juga audio/video prosesor. Ternyata, sejak NAB 2008. AJA, perusahaan yang bergerak di bidang video system, mengeluarkan FS1, SD/HD/Video Frame Synchronizer and Converter

Features FS1

SD1 HD up/down convertion

SD1 SD aspect ratio conversion

HD1 HD cross convertion (720p/1080i)

Up/down/cross converting dengan kedua input dan converted format dalam keluaran SD/HD SDI (dengan sinkronisasi di antara keduanya)

HD cross converting secara simultan downcorverted output SDI

Dual HD/SD SDI input dan output

Composite/s-video input dan output dengan TBC

8 channel AES dan audio analog balanced input dan output

8 channel audio embedded input dan output

Standar power supply secara redundant penuh

10/100 LAN dengan SNMP, server web embedded untuk remote control

Video prosesor amplfier

Audio processing

Closed captioned support- termasuk SD ke HD upconversion

Optimalisasi style chasis untuk digunakan di mesin room dengan panel yang sederhana dan remote web browser user interface

Alphanumeric untuk panel depan dan tampilan grapis menunjukkan penyetelan input/output dan memperlihatkan parameter/pemilihan editing

Indikator status LED untuk monitoring sistem secara canggih

1 GPI input dan output, TTL, isolated

fs1

AJA FS1 mempunyai feature yang fleksibel yang biasanya disebut sebagai arsitektur ”anything in, anything out”. FS1 Universal SD/HD/Audio/Video Frame Synchronizer and converter dapat bekerja secara simultan diantara SD dan HD video, dengan kemampuan video 10 bit full broadcast quality dan audio 24 bit. FS1 mendukung secara virtual segala input dan output, analog dan digital, SD dan HD. FS1 dapat mengkonversi naik atau turun antara SD dan HD dan menyediakan output HD dan SD secara simultan.

FS1_sm

Cross-conversion antara HD format juga didukung, dengan output simultan diantara keduanya. Untuk audio, FS1 mendukung AES 8 channel, analog balanced, atau audio embedded dengan fleksibilitas penuh dan kontrol pemrosesan audio. FS1 mendukung closed captioning dan konversi closed captioning antara format SD dan HD. FS1 juga dapat digunakan untuk jaringan, mendukung web-base dan kontrol jarak jauh SNMP.

FS1_sm-backp

Dengan kemampuan dan fungsi yang hampir sama dengan peralatan sejenis tapi dengan menawarkan harga yang lebih murah, maka FS1 layak untuk dipertimbangkan.

4 Responses to Framesync FS1 dari AJA

  1. nana z says:

    mantap gan ane mw beli tp g punya dwit

  2. July says:

    For A kn Gak Jauh beda dengan AJA kn Mas???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: