Kamus Istilah Penyiaran Digital

ImagePerkembangan teknologi senantiasa melahirkan beragam istilah baru dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam dunia penyiaran. Seiring berjalannya waktu, ratusan bahkan ribuan istilah telah bermunculan dalam dunia penyiaran. Sebagian mungkin berupa istilah yang cukup akrab di telinga dan tak perlu dijelaskan lagi. Namun selebihnya, istilah tersebut merupakan istilah baru yang perlu diterangkan. Khususnya, saat dunia penyiaran memasuki era digital.

Dunia penyiaran tak lagi hanya diisi oleh istilah-istilah yang hanya terkait audio, video dan transmisi. Lebih dari itu, dunia penyiaran pun telah bersentuhan lebih akrab dengan teknologi informatika atau internet sehingga keragaman istilah pun lebih terasa.

Buku ini secara garis besar memberi penjelasan lebih dalam dibandingkan definisi pengertian pada umumnya dan untuk istilah-istilah lainnya memberikan beberapa penjelasan yang menyangkut arti dan pemakaiannya. Isi buku ini tidak menggunakan pendekatan seperti yang ada pada buku teks. Dengan kemasan tersebut, diharapkan pembaca bisa tahu dan lebih memahami.

ImageBuku ini ditulis oleh Pak Sunaryo, yang telah menggeluti dunia penyiaran sejak tahun 1973 ketika bergabung di TVRI. Tahun 1986, beliau dimutasi ke Multimedia Training Centre (MMTC) sebagai kepala seksi peralatan studio sampai menggapai posisi Kepala bidang pengelola sarana. Tahun 1996 kembali ke Jakarta sebagai kepala bidang penyusunan program dan Laporan, setditjen Radio-TV-Film, selanjutnya menjadi kepala bidang sarana teknik asisten deputy urusan penyiaran. Tahun 2004 – 2008 beliau menjabat kepala Multimedia Training  Centre (MMTC). Tahun 2008 – 2012 berkarir di Kemenkoinfo.

Sebagai buku kompilasi “Kamus Istilah Penyiaran Digital”, diharapkan bisa berguna baik bagi pelajar/mahasiswa yang baru mengenal dunia penyiaran radio, televisi dan TIK, para karyawan yang bekerja di bidang penyiaran digital berikut jajaran pengurusnya maupun penggiat penyiaran digital dimanapun berada.

Buku ini dibuat dengan dua versi, versi soft cover dan hard cover. Versi soft cover akan tersedia dengan harga Rp. 58.000, untuk versi hardcover tidak dijual bebas karena cetakannya terbatas dengan harga Rp. 70.000. Bebas ongkos kirim untuk area Jakarta dan sekitarnya. Untuk pemesanan bisa menghubungi saya, Agus Rusmawan dengan no hp. 0812 806 2233 – 02193849370, pin BB 21D81AFB dan alamat email rusmawan@yahoo.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: